Coblosan, Nelayan Sepakat Tidak Melaut Demi Menangkan Agustin-Iswar

Iswar saat menyapa komunitas nelayan Semarang
Sumber :
  • VIVA Jogja/ist

Semarang, VIVA Jogja - Ribuan nelayan di pesisir utara Semarang sepakat tidak melaut saat hari H coblosan demi kemenangan Agustin-Iswar. Mereka akan mengajak keluarganya berbondong-bondong datang ke tempat pemungutan suara (TPS) guna memilih Agustin-Iswar.

"Saat coblosan Pilwakot nanti, kami sudah sepakat untuk tidak melaut. Hari itu kami jadwalkan libur cari ikan dan akan datang ke TPS untuk coblos pasangan Ibu Agustin dan Bapak Iswar," tegas Koordinator Nelayan Pesisir Semarang, Solikhin.

Ditemui di sela silaturahmi nelayan dan Iswar Aminuddin di kawasan dermaga Tambaklorok, Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara, Mukhlisin membeberkan alasan para nelayan melabuhkan pilihan politiknya ke pasangan nomor urut 01 tersebut.

"Karena kami sudah satu hati. Pak Iswar selama ini telah membuktikan keberpihakannya kepada keluarga nelayan. Penanganan banjir hingga ragam bantuan pemerintah saat beliau menjabat Sekda sudah diberikan, jadi nelayan akan all in ke Pak Iswar," ucapnya.

"Di sini ada ragam kelompok nelayan. Di Tambaklorok saja ada 1.200 nelayan, kalau dengan keluarganya yang masuk DPT ada sekitar 7.000. Kita butuh 6.000 saja, tidak usah 7.000, kasihan yang lain," sambung Solikhin.

Koordinator relawan Rumah Kebangsaan, Nunung Sriwiriyanto mengaku beberapa waktu lalu pihaknya mendengar ada isu bahwa nelayan akan memilih golput jika tidak ada satupun calon kepala daerah atau pasangannya yang datang ke Tambaklorok.

Hal tersebut mendorong pihaknya untuk langsung merespons dengan memfasilitasi pertemuan antara nelayan dengan Iswar Aminuddin. Sekaligus membantu penyelenggara Pemilu untuk menyosialisasikan gelaran Pilwakot Semarang pada 27 November mendatang.