Cerita Aditya Suryadinata Bangun Brand Batik Modern dan Mendunia
- jogja.viva.co.id/Cahyo PE
VIVA Jogja - Bagi Aditya Suryadinata, menjadi pengusaha batik tak pernah ada dalam benaknya. Aditya awalnya ingin mengejar mimpi menjadi seorang kontraktor.
Memiliki latar belakang pendidikan teknik sipil, dan juga melanjutkan studi master hingga ke luar negeri Aditya akhirnya memilih untuk meneruskan bisnis batik milik keluarganya karena permintaan sang ayah.
Pada tahun 2015, Aditya mulai memegang manajemen Rianty Batik. Di awal dirinya mengelola Rianty Batik, salah satu yang dilakukannya adalah melakukan penjualan secara online.
Ketika itu, Aditya menceritakan berjualan online belum sefamiliar saat ini. Saat itu, belum booming berjualan lewat marketplace. Aditya menjual batik melalui aplikasi Blackberry Messenger (BBM) maupun Facebook.
Aditya mengaku saat itu berjualan produk secara online belum semudah saat ini. Saat itu, Aditya telah mempekerjakan satu orang khusus untuk mengurusi penjualan online. Keputusan Aditya berjualan online ini sempat ditentang oleh orangtuanya.
"Katakanlah gajinya saat itu Rp 1 juta tapi omzet sebulannya hanya Rp 700 ribu. Orangtua makin tidak dipercaya," ucap Aditya sambil tertawa.