Kampanyekan Jepara Tanggap 112, Ini Manfaat Bagi Warga Bumi Kartini
- arif
JEPARA, VIVAJogja– Program Jepara Tanggap 112 secara resmi dikenalkan kepada masyarakat untuk layanan aduan dan tanggap darurat. Aplikasi berbasis online ini untuk menghadirkan tata kelola pemerintahan bersih, transparan, dan tangkas melalui digitalisasi pelayanan publik.
Layanan Jepara Tanggap 112 diluncurkan Wakil Bupati (Wabup) Jepara Muhammad Ibnu Hajar bersama Forkopimda Jepara di Pendapa Kartini, Senin, (19/5/2025).
Kehadiran Jepara Tanggap 112 merupakan salah satu program prioritas 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Jepara. Call center 112 berupa kanal layanan publik terpadu untuk aduan masyarakat, baik laporan kegawatdaruratan maupun keluhan umum.
Wabup Hajar melihat kinerja operator Layanan Jepara Tanggap 112
- arif
"Ini (Kanal Jepara Tanggap 112) adalah wujud misi pertama kami, yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan tangkas melalui digitalisasi pelayanan publik," ujar Hajar.
Hajar menyebut, program ini memberikan bukti bahwa layanan birokrasi di Kabupaten Jepara bergerak dari konvensional menuju digital. Selain itu, mengubah sekat-sekat sektoral menjadi kolaborasi lintas instansi secara digital.
Hajar juga menyoroti penggunaan media sosial di masing-masing dinas dilingkup Pemkab Jepara yang perlu ditingkatkan. Sebab hal itu dapat menjadi sarana komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.