Dukung Kampanye Kesehatan Mental, Avian Brands Luncurkan 24 Koleksi Healing Colours
- Dokumentasi Avian
Jogja – Apa yang terlintas ketika membaca atau mendengar tentang Kesehatan Mental/Mental Health? Tekanan hidup yang tinggi, tuntutan dari keluarga dan lingkungan sekitar, bullying/perundungan, percobaan menghilangkan nyawa sendiri, dan lain sebagainya. Indonesia saat ini bahkan memasuki situasi darurat perundungan.
Berdasarkan Rapor Pendidikan 2022 yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim yang memaparkan bahwa 25% peserta didik di Indonesia mengalami berbagai bentuk perundungan.
Realita tersebut diperkuat pula dengan data dari sebuah aplikasi kesehatan, yang pada tahun 2022 mencatat ada +/- 60.000 generasi muda usia 15-30 tahun melakukan konsultasi ke pskiater dan psikolog seputar masalah kesehatan mental.
Mental health issue tersebut dipicu oleh banyak hal, di antaranya ekonomi, kesepian, masalah pekerjaan, trauma masa lalu, tekanan dari pasangan, dan lainnya.
Dipaparkan pula oleh Psikolog, Chitra Ananda Mulia M. Psi 1 dari 2 orang di Indonesia, dan 1 dari 3 remaja Indonesia memiliki masalah kesehatan mental. Lalu apa yang dapat kita kontribusikan untuk menjadi bagian dari solusi dan perubahan akan masalah tersebut?
Mely Yanti, selaku Marketing Manager Avian Brands mengatakan, Avian Brands sebagai produsen cat tembok lokal terbesar di tanah air, selama ini konsisten dan terus berkomitmen terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial yang memberikan manfaat bagi masyarakat.
"Kita ketahui bahwa mental health issue yang saat ini marak terjadi, khususnya di kalangan remaja adalah masalah yang harus diselesaikan secara bersama-sama dengan banyak pihak. Avian Brands mendukung penuh upaya tersebut melalui gerakan Avian Brands Support Mental Health with Healing Colours lewat produk-produk unggulan dengan warna-warna yang secara riset telah dibuktikan mampu membantu memberikan nuansa yang lebih menenangkan bagi para pejuang kesehatan mental,” kata Mely Yanti, saat launching “Avian Brands Support Mental Health with Healing Colours”, belum lama ini.
Melalui produk unggulan Sunguard All-In-One dan Supersilk Anti Noda, Avian Brands mempersembahkan warna-warna cat tembok yang menimbulkan efek feel good, menjadi manfaat bagi para pengguna, khususnya yang tengah berjuang menghadapi mental health issue.
Sementara itu di kesempatan yang sama, Joe Taslim, Aktor dan Martial Art Expert yang ditunjuk sebagai Brand Ambassador Sunguard All-In-One mengaku prihatin dengan kondisi anak remaja saat ini.
”Sebagai pribadi dan seorang ayah dari anak yang sedang tumbuh dan berkembang, saya turut merasa prihatin dengan kondisi anak dan remaja saat ini yang berjibaku dengan kesehatan mental. Dari sini kita belajar bahwa sebagai orang tua kita wajib memberikan perlindungan dan perhatian yang cukup untuk anak, sehingga anak mendapatkan rasa aman dan nyaman dari rumah. Tidak sekadar menyediakan waktu, namun kebutuhan dasar seperti tempat tinggal, yakni rumah dan kamar yang layak serta nyaman juga menjadi prioritas. Dan selama ini produk-produk Avian Brands mampu mewujudkan apa yang menjadi prioritas keluarga kami," tutur Joe.
Ade Binarko, Founder of SehatMental.id, sebuah komunitas yang terbentuk didasari adanya kepedulian pada Kesehatan mental generasi muda juga mempertegas kerbermanfaatan dari warna-warna bagi proses pencegahan dan penyembuhan gangguan kesehatan mental. Mas Ade, panggilan akrab beliau mengatakan; “Dari pengalaman pribadi, juga sharing dari para member komunitas kami, jelas jika warna-warna tertentu sangat membantu meningkatkan mood dan juga membantu melepaskan stress. Hal ini tentu saja menjadi faktor yang mempercepat proses perbaikan mereka yang memiliki mental health issue”.
Produk Avian Brands, Supersilk Anti Noda dan Sunguard All-In-One menghadirkan inspirasi warna ruangan yang dapat membantu memperbaiki kondisi mental health, antara lain melalui Mood Booster Collection (warna cerah) dengan 12 koleksi warna; Close To You, Red Jumper, Red Rhythm, Bright Spot, Travelling Somewhere, Arizona Sunset, Smile For Me, Cheerful Heart, Midnight Sun, Lime Light, Think Green, Maze Runner dan Stress Release Collection (warna lembut/pastel) dengan 12 koleksi warna; Heart & Soul, Here For You, Aqua Healing, Cool Me Down, Joyful Soul, Precious Time, Healing Power, Rest & Relax, Slow & Easy, Free Your Mind, Timeless Moment, Musical Therapy.
Konsumen memiliki kesempatan mendapatkan diskon khusus untuk 24 warna Healing Colours Collection Supersilk Anti Noda dan Sunguard All-In-One di toko-toko yang bekerja sama ataupun pembelian melalui official store Avian Brands di Tokopedia. Daftar toko yang bekerja sama melalui dapat dilihat di website dan social media Avian Brands.
Tidak sampai di situ, dukungan Avian Brands terhadap gerakan “Support Mental Health with Healing Colours”, juga dituangkan melalui sarana bimbingan dan konsultasi dari tenaga ahli profesional secara GRATIS, yang akan dilakukan di beberapa lokasi di area Jawa.
“Avian Brands Support Mental Health with Healing Colours” akan menjadi kegiatan berkelanjutan yang akan terus digaungkan untuk menggugah kepedulian lebih banyak pihak. Mental health issue bukanlah masalah ringan yang bisa dianggap remeh, dan harus segera diatasi bersama agar Indonesia memiliki generasi muda yang sehat, tidak hanya fisik yang sehat, juga mental yang sehat dan tangguh agar mampu meneruskan membangun bangsa ini menjadi bangsa yang kuat dan maju.
-----
Sekilas Tentang PT Avia Avian Tbk.
PT Avia Avian Tbk. didirikan pada 1978 sebagai perusahaan manufaktur cat terintegrasi, yang dikenal dengan nama Avian Brands. Selama lebih dari 4 dekade Avian Brands telah memberikan warna bagi kehidupan jutaan keluarga Indonesia, melalui aneka ragam produk-produk di antaranya cat tembok Sunguard All in One, Supersilk Anti Noda dan Avitex, cat pelapis anti bocor No Drop, serta cat kayu dan besi Avian. Tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 8 Desember 2021 dengan kode saham (IDX: AVIA), AVIA merupakan pemimpin pasar dalam industri cat dan pelapis dekoratif di Indonesia, dengan total pangsa pasar sekitar 20%, berdasarkan penjualan pada tahun 2020 yang dihasilkan dari produk cat dan pelapis dekoratif, menurut Frost & Sullivan.
AVIA memiliki kapasitas dan kemampuan manufaktur yang kuat melalui fasilitas manufaktur AVIA di Sidoarjo dan Serang, serta jaringan distribusi yang terluas di Indonesia, yang meliputi 117 pusat distribusi sendiri dan 40 pusat distribusi pihak ketiga sampai awal oktober 2023. Semua pusat distribusi ini melayani lebih dari 56.000 toko bahan bangunan di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2020, Avian Brands memiliki pusat riset, pengembangan dan inovasi pertama di Indonesia bernama Avian Innovation Center (AIC) seluas 5.000 meter persegi. Dan sebagai wujud dari komitmen Avian Brands atas pengelolaan lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja, serta GCG (Good Corporate Governance) sesuai dengan standar internasional, Avian Brands telah berhasil memperoleh dan menerapkan ISO 14001:2015 (Manajemen Lingkungan), ISO 45001:2018 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja), ISO 50001:2018 (Sistem Manajemen Energi), serta 26000:2010 (Pedoman dalam hal GCG, tanggung jawab sosial, Social Harassment dan Persamaan Gender). Keberadaan Avian Brands bertujuan untuk memberikan manfaat terdepan dan berkontribusi dalam mewarnai Indonesia.