Liburan Natal dan Tahun Baru, Indosat Pastikan Sinyal Aman

Pemantauan jaringan Indosat saat Natal dan Tahun Baru
Sumber :
  • VIVA Jogja

Semarang, VIVA Jogja –Indosat Regular';"> Menjelang momen liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) hadir untuk memastikan liburan tetap seru, serta tetap nyaman berselancar di media sosial.


Sebagai bagian dari upaya tersebut, Indosat telah mengoptimalkan jaringan di lebih dari 15.731 
lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas di 415 titik strategis mencakup tempat ibadah, bandara, stasiun kereta api, dan tempat wisata untuk memastikan pelanggan dapat menikmati jaringan yang stabil.

 

Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan trafik data yang diproyeksikan meningkat sekitar 16,58% dibandingkan dengan trafik rata-rata harian.

 

Vikram SinhaPresident Director and Chief ExecutiveOfficer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Fokus kami di Indosat adalah memastikan pelanggan tetap dapat menikmati layanan terbaik kapan saja dan dimana saja, terutama saat merayakan momen spesial bersama keluarga. Untuk menyambut Natal dan Tahun Baru, kami berkomitmen menghadirkan pengalaman digital terbaik dengan berbagai persiapan konektivitas agar pelanggan dapat berkomunikasi dan menikmati hiburan yang nyaman. Seluruh upaya ini sejalan dengan misi perusahaan dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia," kata Vikram, Selasa (24/12/2024).

 

Guna memastikan jaringan stabil selama momen liburan, Indosat telah mengoptimalkan layanannya melalui dukungan Digital Intelligence Operations Center (DIOC).

 

DIOC berfungsi untuk memonitor dan menjaga performa jaringan secara real-time, memastikan pengalaman digital yang mengesankan bagi pelanggan setiap hari selama 24 jam penuh. 

 

Indosat telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 33% dibandingkan rata-rata harian untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Nataru 2024/2025. Berkaca dari tahun lalu, trafikdiproyeksikan meningkat seiring tingginya penggunaan aplikasi populer seperti WhatsAppTikTok, Instagram, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile LegendsRoblox, dan PUBG. Kenaikan trafik data terbesar diprediksi terjadi di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabotabek, Jawa non-Jabotabek, dan Bali Nusra, yang menjadi destinasi favorit masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

 

Di wilayah Jawa Tengah proyeksi lonjakan trafik data akan meningkat sekitar 13.97%, yang diperkirakan paling tinggi terjadi di daerah WonogiriPurworejo, dan Kebumen.

 Untuk mengantisipasi hal tersebutIndosat telah mengoptimalkan 28 Point of Interest (POI) yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat di masa libur perayaan Natal dan Tahun Baruseperti diantaranya Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wisata Air Panas GuciKawasan Wisata TawangmanguBandar Udara Ahmad Yani, Bandar Udara Adisumarmo Solo, Kota Tua Semarang, Simpang Lima, Rest Area KM 287 dan KM 360, hingga Stasiun Semarang Tawang.

 

Optimalisasi ini mencakup penguatan kapasitas dan performa jaringan di 1610 BTS dan menyiagakan 5 unit Mobile Based Transmission Station (MBTS) yakni di Pekalongan, Rest Area BatangBrebes, Kudus, dan JeparaUpaya ini dilakukan untuk menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman digital tanpa gangguanbaik untuk bersilaturahmi secara virtual, berbagi momen kebahagiaanmaupun mengakses layanan digital lainnya.

Selain penguatan jaringanIndosat juga mengaktifkan command Center selama 24 jam yang terletak di Gombel dan akan beroperasi mulai 24 Desember 2024 hingga 1 Januari2025, didukung oleh Network Operation Center berbasisAI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomasiTeknologi ini digunakan untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala di masa liburan Nataru.

 

Selain memastikan kualitas layanan dan jaringan terbaik, Indosat juga berbagi kebahagiaan dan menebar kehangatan untuk masyarakat termasuk kepada 1.000 anak yatim di seluruh Indonesia.

 

Momentum penuh kasih untuk berbagi ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat di bawah pilar Filantropi. Dengan mengusung tema ‘Indosat Berbagi Kasih’ inisiatif ini menjadi penutup dari rangkaian bulan berbagi Indosat sepanjang Desember 2024.

 

Tidak hanya itu, Indosat juga turut memberikan berbagai kebahagiaan untuk pelanggan setia IM3, Tri dan HiFi di seluruh Indonesia dengan berbagai promo menarik. Pelanggan IM3 dapat menikmati Freedom Internet Baru dengan kuota yang makin besar di jaringan yang luas dan stabil.

 

Sementara untuk pelanggan Tri, penawaran program khusus akhir tahun Wondercember dapat dinikmati di aplikasi bima+, dengan berbagai hadiah spesial mulai dari kuota, e-wallet, gadget, hingga motor listrik. Informasi terkait promo dapat diakses melalui http://bimaplus.tri.co.id/Wondercember. Untuk pelanggan internet, nikmati promo Akhir Tahun Indosat HiFiyang menawarkan speed booster up to 150Mbps dan hemat sampai 30% selama 3 bulan. 

 

“Langkah-langkah strategis yang telah dilakukan merupakan bentuk nyata kami untuk mendukung kebutuhan digital pelanggan, terutama pada momen perayaan yang semakin bergantung pada konektivitas. Kami ingin agar pelanggan dapat merasakan pengalaman digital yang seamless, baik saat berbagi momen indah di media sosial, terhubung dengan keluarga dan kerabat, atau bermain game online favorit mereka," tutup Vikram.