Sidowarno, Desa Ikonik Wayang yang Mendunia

Wayang menjadi ikon desa wisata Sidowarno, Klaten
Sumber :
  • VIVA Jogja/Kemenparekraf RI

Klaten, VIVA Jogja - Ingat wayang, ingat Sidowarno. Desa asri yang terletak di wilayah Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten dan berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo dan Kota Surakarta, ini adalah desa ikonik wayang.

Apapun tentang wayang dan beragam pernik pendukungnya ada dan diproduksi di desa ini. Sejak ditahbiskan jadi desa wisata khusus wayang, Sidowarno sontak mendunia. Hasil produksi wayangnya terkenal dengan ciri khas terbuat dari kulit kerbau.

Baron Wayang, Ketua Pilar Wirausaha Desa Sidowarno mengisahkan awal mula desanya mulai bergeliat menekuni kerajinan wayang kulit. Dipelopori Rujito Suprayoga, yang saat itu menjabat kepala desa, warga mulai membentuk kelompok usaha bersama (Kube) untuk mencari sumber pendapatan bagi warga setempat.

Pada 2009, terbentuk 20 kube. Seiring berjalannya waktu, sayangnya kube-kube itu pun bertumbangan. Hanya satu kube yang mampu bertahan, yakni Kube Wayang yang dipimpin Mamik Raharjo.

Namun, dari semula digawangi 11 orang, anggota kube wayang pun berguguran dan hanya menyisakan 5 orang. Kelima orang itu pun bertekad “tak akan mencari pekerjaan, tapi akan menciptakan sebuah pekerjaan”.

Juara Kampung Berseri Astra

Pada Februari 2017, kube wayang yang terus berkembang mulai dilirik dan ditawari menjadi mitra CSR Astra. Semula tawaran itu tak langsung disambut.