Berhasil Pertahankan Identitas Warisan Budaya, Kota Yogya Raih Pratisha Pusaka JKPI Award

Penghargaan Pratisha Pusaka dari JKPI
Sumber :
  • VIVA Jogja/Jogjakota.go.id

VIVA Jogja - Kota Yogyakarta kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan menerima penghargaan Prastisha Pustaka pada ajang Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) Award 2024 di Rattan Inn Banjarmasin, pada Kamis (18/9).

Penghargaan Prastisha Pustaka diberikan kepada Kota Pusaka yang dianggap memberikan sumbangsih luar biasa terhadap pelestarian kotanya.

Untuk diketahui, Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) adalah sebuah organisasi yang didirikan pada tahun 2008 untuk menghubungkan kota-kota di Indonesia yang memiliki nilai sejarah dan warisan budaya yang kuat.

JKPI bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antar kota dalam menjaga pusaka dan situs bersejarah.

Sementara itu, JKPI Award adalah ajang penghargaan tahunan yang diadakan oleh JKPI untuk kota, tokoh, maupun komunitas yang memiliki kobtribusi besar terhadap pelestarian pusaka kotanya.

Bagi Kota Yogyakarta, penghargaan ini diberikan atas komitmennya dalam mempertahankan identitas dan warisan budaya, termasuk Sumbu Filosofis yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh perwakilan presedium JKPI, Cecep Eka Permana dan diterima secara langsung oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto.