Libatkan Anak Bikin Konten Kampanye, Caleg di Purworejo Terancam Dicoret

Ilustrasi ditahan polisi
Sumber :
  • gettyimage-James C Hooper

Jogja –Seorang caleg dari Partai Nasdem di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah melibatkan anak-anak berstatus pelajar dalam kampanyenya. Kampanye melibatkan anak ini terungkap dalam sebuah video yang beredar di media sosial.

Jelang Penentuan Capres, Zulhas Konsolidasi PAN DIY 

Dalam video itu nampak dua pelajar memakai pakaian Pramuka berdiri di depan baliho si caleg. Kemudian terlihat pelajar ini mengajak orang untuk memilih caleg itu.

"Halo bos, menjelang Pemilu 2024 khususnya warga Bener, Loano, Gebang, Purworejo, jangan lupa pilih NasDem nomor satu. Bapak MA. Nyoto kerjone, apik wonge, gagah tumindake. Gaspol," ujar pelajar tersebut.

Senator DIY Menduga Akibat Bansos yang Ugal-ugalan Jadi Penyebab Harga Beras Mahal

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Purworejo, Rinto Hariyadi mengatakan jika proses pidana di Bawaslu terkait caleg yang mengajak anak-anak terlibat kampanye sudah selesai.

Rinto menyebut Bawaslu Purworejo telah melimpahkan kasus itu kepihak kepolisian. Saat ini, lanjut Rinto, kasus tersebut sudah naik dari penyelidikan menjadi penyidikan. 

Gandeng Kemenag, Unilever Indonesia Berdayakan Ratusan Santri di Semarang

"Sekarang masih di kepolisian. Kemarin di (ditangani) Bawaslu 14 hari. Terus dilimpahkan ke polisi. Dari proses penyelidikan ke penyidikan," ujar Rinto saat dihubungi wartawan, Jumat 19 Januari 2024.

Rinto mengatakan saat ini caleg tersebut sudah ditetapkan menjadi tersangka. Perkara ini akan disidangkan untuk memutuskan status pencalonannya.

Halaman Selanjutnya
img_title