Menyibak Misteri Jalur Gunung Lawu Via Candi Cetho, Diyakini Gerbang Menuju Dunia Gaib

Candi Cetho
Sumber :
  • VIVA Jogja

KARANGANYAR, VIVA Jogja - Gunung Lawu salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung yang dahulunya bernama Wukir Mahendra ini memisahkan dua provinsi di Pulau Jawa. Yakni, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Keindahan Gunung Lawu menarik perhatian siapa saja untuk menaklukan puncaknya. Meskipun, Gunung satu ini termasuk salah satu gunung yang terkenal keangkerannga.

Sudah banyak pendaki yang mengalami kendala saat berusaha menaklukan puncaknya. Namun meskipun begitu, tak membuat kapok siapa saja yang ingin menaklukan puncaknya.

Konon, kisah mistik yang dialami para pendaki, sudah dirasakan sejak awal pendakian. Berbeda dengan gunung lainnya, Gunung yang memiliki ketinggan 3.265 mdpl ini memiliki banyak pintu masuk. Gunung Lawu punya lima jalur pendakian, tiga di antaranya berada di Karanganyar, dan dua lainnya di Magetan.

Jalur dari Karanganyar yakni via Candi Cetho, Cemoro Kandang, dan Tombak. Sedangkan dari Magetan pintu masuk pendakian Gunung Lawu yakni di Cemoro Sewu dan Singolangu.

Dari arah pintu masuk itu, jalur Candi Cetho yang terkenal dengan aura mistiknya. Diibaratkan sebuah rumah, jalur Candi Cetho ini merupakan pintu utama bagi siapa saja yang ingin bertamu.

Sedangkan jalur Cemoro Kandang, Cemoro Sewu dan jalur Jogorogo, diibaratkan rumah, jalur itu merupakan pintu belakang atau dapur dari rumah. Jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho merupakan jalur pendakian terberat.