Bank QNB Indonesia turut kembangkan literasi dan inklusi keuangan generasi muda

Karyawan Bank QNB Indonesia Tbk berikan literasi keuangan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jogja – Anak usaha dari Qatar National Bank (QNB) Group, PT Bank QNB Indonesia Tbk ("Bank"), *telah* mendapatkan pengakuan dari lembaga prestisius HR Asia Award dan dinobatkan sebagai “The Best Companies to Work for in Asia 2024” dan “Most Caring Company 2024”.

Di tahun ini, Bank juga terus melakukan serangkaian inisiatif dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Program peningkatan literasi dilakukan Bank bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia dalam penyelenggaraan kegiatan “JA Personal Finance”, yakni sebuah program edukasi keuangan untuk siswa usia 16 sampai 17 tahun, di SMKN 66 Jakarta dan SMK Assa’adah.

Dalam keterangan tertulisnya, President Director of PT Bank QNB Indonesia Tbk Nick Groene Act mengungkapkan, Kegiatan ini merupakan bagian dari program tahunan Bank, yaitu QNB Indonesia Goes to School. Melalui program ini, Bank berupaya untuk memberikan dampak positif kepada para siswa mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan di berbagai wilayah di Indonesia.

Karyawan Bank diterjunkan langsung untuk mengedukasi siswa, sekaligus mentransformasikan konsep finansial yang kompleks menjadi informasi yang lebih mudah dimengerti oleh para siswa, dengan memanfaatkan permainan-permainan interaktif. Dalam aktivitas ini, siswa juga berkesempatan untuk mempelajari seputar perencanaan keuangan, membuat anggaran, dan dasar-dasar kewirausahaan.

Dukungan Bank tidak hanya sebatas memberikan edukasi keuangan. Lebih jauh, untuk mendukung akses pendidikan yang semakin baik, Bank juga turut melakukan perbaikan terhadap infrastruktur sekolah melalui pemberian seperangkat Personal Computer (PC) kepada sekolah-sekolah di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Bank juga kembali menyelenggarakan program tahunan, Management Development Programme, sebuah program rekrutmen yang menawarkan mentorship dan pengalaman training selama dua tahun bagi profesional muda untuk dapat menempati posisi leadership di masa depan. 

Inisiatif-inisiatif ini tidak hanya membantu Bank dalam menciptakan dampak yang berkelanjutan di tengah masyarakat, khususnya para pelajar, namun juga turut memberdayakan karyawan yang secara langsung membantu para siswa belajar mengenai perencanaan keuangan dasar dan berlatih membuat keputusan keuangan yang baik. “Di Bank QNB Indonesia, komitmen kami lebih dari sekedar menawarkan layanan perbankan,” ujar Nick Groene.