Mengatasi Krisis Air Bersih di Girisuko, Ini Cara PDAM Tirta Handayani GK

PDAM mencari sumber air di Luweng Wuluh Kumet
Sumber :
  • VIVA Jogja/PDAM Tirta Handayani GK

Gunungkidul, VIVA Jogja Krisis air bersih telah menjadi permasalahan warga di Kalurahan Girisuko selama bertahun-tahun, utamanya di musim kemarau.

Menindaklanjuti aduan dari masyarakat tentang pemenuhan air bersih, Bupati Gunungkidul Sunaryanta bersama Direktur PDAM Tirta Handayani Gunungkidul beserta jajaran terkait melakukan peninjauan sumber air di daerah Wuluhkumet, Dusun Gebang, Kalurahan Girisuko, Minggu (22/9).

"Pemerintah daerah dalam hal ini akan memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya kebutuhan air ini, memang tidak serta merta bahwa semua air bisa diangkat dan salah satunya di Luweng Wuluhkumet, Girisuko ini," kata Bupati saat seusai meninjau di lokasi, Minggu (22/9).

Sumber ini, kata bupati, akan dimanfaatkan oleh PDAM karena sebelumnya memang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan dengan debit yang begitu besar nantinya dapat memenuhi kebutuhan warga di 5 Padukuhan.

"Pemerintah akan segera membangun dilokasi ini guna memenuhi kebutuhan air masyarakat karena jarak ke pemukiman warga juga lumayan jauh yakni 1,3 kilo," paparnya, dilansir laman resmi Pemkab GK.

Direktur Utama PDAM Tirta Handayani Gunungkidul Totok Sugiharta memaparkan sumber air ini menjadi salah satu alternatif dalam memenuhi kebutuhan air masyarakat.

"Mungkin masyarakat biasanya membeli air seharga 150 ribu per tangki, dan jika PDAM disini bisa mengangkat sumber air ini akan sangat menghemat karena disini ada sumber yang setelah kami mendapat gambarnya ternyata di Luweng dengan kedalaman kurang lebih 45 meter ada pertemuan dua sungai," ujar Totok.