Bulan Inklusi Keuangan, SiBakul Financetopia dan Lauching Maskot Teras Malioboro
- Istimewa
Jogja, VIVA Jogja – Pemerintah Daerah (Pemda) DI Yogyakarta mengisi Bulan Inklusi Keuangan (BIK) dengan acara SiBakul Financetopia di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta pada Selasa (23/10/2024). Bersamaan dengan ini, juga di launching maskot Teras Malioboro ‘Mas Temo’, yang diharapkan bisa menjadi brand awareness yang merepresentasikan keramahan dan kebudayaan Masyarakat Yogyakarta.
Dalam keterangannya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY . Srie Nurkyatsiwi mengatakan, dalam rangka hari inklusi keuangan Pemda DIY melalui Dinas koperasi dan UKM yang didukung Dana Keistimewaan, berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia mengambil tema “Financetopia” yang merupakan gabungan dari kata Finance dan Utopia.
“Makna tema ini adalah suatu dunia atau komunitas keuangan yang nyaris sempurna,” paparnya.
Dengan tagline “Akses Keuangan Merata, UMKM Sejahtera” diharapkan SiBakul Financetopia melalui program-programnya dapat memberikan kesempatan emas bagi UMKM di DIY untuk mendapatkan pendanaan dari berbagai Lembaga Jasa Keuangan (LJK) di DIY.
Dengan hadirnya lebih dari 500 UMKM dan 16 LJK, acara tersebut akan menjadi ajang untuk meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan bisnis.
Sementara itu, Kepala OJK DIY Eko yunianto menyebut tagline SiBakul Financetopia “Akses Keuangan Merata, UMKM Sejahtera”, selaras dengan tema bulan inklusi keuangan 2024. “Agenda ini diharapkan memberikan kesempatan bagi UMKM di DIY untuk mendapatkan informasi produk dan layanan jasa keuangan dari berbagai lembaga jasa keuangan. Acara ini menjadi event luar biasa untuk meningkatkan inklusi keuangan bagi UMKM,”jelasnya.
Ditambahkan Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta, Ibrahim menyebutkan pemerataan penyediaan akses layanan keuangan formal yang berkualitas dengan biaya terjangkau bagi seluruh Masyarakatmenjadi insiatif yang terus didorong pemerintah untuk mengakselarasi peningkatan kesejaheraan masyarakat.
Menurutnya, sejak penetapan strategi keuangan nasional inklusi di tahun 2016, tingkat inklusi keuangan terus meningkat, yang ditunjukkan dengan naiknya 3 point persentase. “Ada capaian 3 indikator utama yaitu jangkauan akses penggunaan, produk keuangan dan kualitas yang mengalami peningkatan signifikan. Kegiatan SiBakul Financetopia memberikan kesempatan emas bagi masyarakat dan pelaku UMKM untuk mendapatkan pendanaan dari lembaga keuangan di wilayah ini,” terang Ibrahim.
Masyarakat diajak mendukung dan memotivasi UMKM agar bisa tumbuh kuat dan bekelanjutan dan SiBakul Financetopia bisa membuat Akses Keuangan Merata, UMKM Sejahtera.
Mas Temo
Pada kesempatan ini juga menjadi momentum bagi Teras Malioboro 1, sebagai satu wadah eko-bisnis UMKM di Kawasan Malioboro yang menjadi salahsatu binaan Dinas Koperasi dan UKM DIY untuk memperkenalkan “Mas Temo” yaitu Maskot Teras Malioboro yang kedepan dapat menjadi satu strategy Teras Malioboro untuk terus berinovasi menjaga eksistensi Teras Malioboro 1.
Mas TeMo hadir dengan konsep robot berpakaian lurik dan batik, menjadi representasi misi Teras Malioboro untuk visioner maju dalam dunia digital termasuk literasi keuangan digital dan berbagai kemudahan memahami Teras Maliboro melalui aplikasi modern berbasis Smartphone baik android maupun IOS. Lurik dan batik menjadi kesan melekatnya budaya Jogja Istimewa dimana Mas Temo diharapkan menjadi bentuk akulturasi modern yang tetap menjaga nilai – nilai budaya Jogja.
Aksesoris daun [ada telinga Mas Temo melambangkan nilai asri dan menjunjung dinamisme kepedulian lingkungan hidup dengan terus mengedepankan program PESONA Pengelolaan Sampah
Organik dan An Organik sebagai bagian tanggungjawab pengendalian lingkungan dimulai dari tenant, pengunjung dan pengelola di Teras Malioboro, dengan jiwa yang ceria dan penuh keramahan menambah pesan keramahtamahan, kenyamanan dan suasana yang menyenangkan di Teras Malioboro 1.
Kepala Balai UPT Balai Layanan Usaha Terpadu atau Teras Malioboro 1, Hellen Phornica memaparkan, “Mas Temo” yang lahir pada acara Financetopia, menjadi brand ambassador Teras Malioboro sekaligus bukti keseriusan pengelola dalam mengenalkan Teras Malioboro dan menjaga eksistensi serta meningkatkan kunjungan wisata ke Teras Malioboro. (*)