Trafik Indosat Melejit di Gunungkidul selama Libur Lebaran
- Istimewa
YOGYAKARTA, VIVA Jogja – Selama periode libur Idulfitri 2025 khususnya arus balik tanggal 4 April 2025, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatat peningkatan trafik data tertinggi di DI Yogyakarta yakni di Kabupaten Gunungkidul, yang naik sebesar 65,5%, disusul Kulonprogo dan Kota Yogyakarta, dengan pertumbuhan trafik data tertinggi kedua dan ketiga di DIY, dengan kenaikan masing-masing sebesar 35,4% dan 9,3% di sepanjang periode yang sama.
Indosat memastikan kualitas jaringannya tetap optimal di tengah meningkatnya kebutuhan komunikasi digital pelanggan di seluruh Indonesia, baik di kota besar maupun daerah tujuan mudik. Tak hanya itu, Indosat juga melakukan optimasi khusus di area dengan potensi kepadatan tinggi seperti stasiun, terminal, rest area, hingga destinasi wisata populer, guna memastikan konektivitas tetap stabil tanpa gangguan.
Sementara trafik data nasional, terjadi peningkatan sebesar 21% yang dipicu oleh tingginya penggunaan aplikasi digital oleh pelanggan selama periode Ramadan dan Idulfitri. Indosat mencatat lima aplikasi yang mengalami lonjakan aktivitas digital tertinggi berturut-turut
adalah WhatsApp, Tiktok, Facebook, Youtube, dan Instagram. Tingginya kebutuhan digital pelanggan dapat diantisipasi dengan dengan baik melalui kesiapan jaringan yang andal dan merata.
Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung menyatakan, teknologi yang mutakhir tetapharus diiringi oleh sentuhan tangan manusia.
“Layanan yang kami hadirkan selama periode Hari Raya Idulfitri ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed, juga dedikasi para engineer di lapangan agar pelanggan dapat menikmati pengalaman digital yang lancer,” ujarnya.
Komitmen Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia diwujudkan melalui dedikasi ribuan petugas teknis di balik layar. Lebih dari 3.000 engineer dan petugas teknis di seluruh Indonesia telah bersiaga untuk memastikan layanan lancar tanpa gangguan, bahkan di puncak trafik sekalipun. Mereka bersiaga di lapangan termasuk di DIOC (Digital Intelligence Operations Center), demi memastikan pelanggan tetap terhubung dengan keluarga dan kerabat.