Sambut Akhir Tahun, Teras Malioboro 1 hadirkan Belanja Heboh
- Istimewa
Jogja, VIVA Jogja – Menjelang libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, sebagai salah satu destinasi wisata belanja sekaligus ikon Kota Yogyakarta, Teras Malioboro 1 yang telah memasuki tahun ketiga perjalanannya, Kembali memanjakan pengunjung dengan program “Semarak Belanja Heboh Akhir Tahun 2024”.
Didukung dengan berbagai program promo yang menarik antara lain, promo tenants, double kupon undian, pesta Jajanan khas Malioboro 2024 dan pada akhir Desember akan dibarengi Live Music Special Tahun Baru yang dimeriahkan Kidang Alit featuring Sisca Taruna.
Dikelola UPT Balai Layanan Usaha Terpadu KUMKM di bawah Dinas Koperasi dan UKM DIY, Teras maslioboro 1 terus mengembangkan strategy melalui divisi pemasaran dan promosinya.
Berdasar analisis pasar guna menentukan kebijakan-kebijakan pemasaran, program dan kegiatan yang berkenaan dengan kedekatan minat pengunjung, mampu secara signifikan memberikan dampak peningkatan omset Tenant.
Dengan ukuran traffic pengunjung yang terjadi di Teras Malioboro 1, yang meningkat signifikan pada tahun 2024 atau mencapai 4.644.417 orang hingga November, yang sebelumnya 2.880.796 pengunjung pada tahun 2023, peningkatan kunjungan wisata yang sangat baik ini tentunya juga menjadi tantangan bagi pengelola untuk mampu mengarahkan para tenant menangkap peluang potensi omset yang baik.
Untuk mendukung peningkatan jumlah pengunjung tersebut, UPT Balai Layanan Usaha Terpadu KUMKM selama tahun 2023 telah melaksanakan berbagai upaya dan terus memberikan tambahan kemampuan dan pemahaman bisnis pada pemilik tenant.
Kepala Balai Layanan Usaha Terpadu KUMKM DIY Hellen Phonica memaparkan, berbagai pelatihan yang memiliki relatifitas sangat dekat dengan melatih para tenant mampu menangkap peluang bisnis dari sisi pemasaran modern dan digital, pengelolaan atau manajemen keuangan, dan pemahaman perilaku konsumen, pada 744 tenant.
“Telah dilakukan pendampingan dan beberapa dari Tenant bahkan telah berkembang memanfaatkan celah pemasaran digital dengan baik, diantaranya melalui marketplace dan pada Sibakul Market Hub Free Ongkir yaitu pada Malioboro Leather, Bakpia SekEco dan Bakpia Dalima 019,” katanya.
Kembali pada strategy pemasaran yang dilaksanakan atas dasar pengalaman atau analisa pasar dan tingkat kunjungan Teras Malioboro 1, maka Desember menjadi satu dari tiga momentum besar dalam satu tahun diantaranya liburan lebaran, liburan sekolah dan liburan akhir tahun sekaligus jelang tahun baru.
“Menjalin kedekatan secara emosional dengan menghadirkan kegiatan yang menjadi harapan pelanggan akan memperkuat tingkat loyalitas pelanggan, yang pada akhirnya akan memotivasi kedatangan berulang atau secara positif dapat menjadikan pelanggan sebagai agent positif mereferensikan Teras Malioboro kepada calon pelanggan yang lain untuk dikunjungi dan Pesta Jajanan Khas Malioboro ini salah satunya,” terang Hellen Phonica.
Dan dalam rangkaian kegiatan ini juga ditujukan dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 -2025, “Belanja Heboh Akhir Tahun 2024” ditujukan untuk media promosi dan membuka peluang para tenant dalam menghabiskan barang dagangannya. Dikemas melalui bentuk rangkaian kegiatan promosi, dan berlangsung selama bulan Desember 2024.
Sedangkan kegiatan pameran “Pesta Jajanan Khas Malioboro 2024” sebagai bagian rangkaian promo Desember 2024 Teras Malioboro 1 digelar selama empat hari, mulai dari 5 hingga 8 Desember 2024, dengan berbagai produk jajanan dan kuliner istimewa seperti Sate Koyor Sapi, Dimsum, Cumi Bakar, Sosis Bakar, Onde-Onde, Lumpia, Klepon, Cenil, Putu, Wedang Sere,Bakso aci, Cimol, Cilok, Penthol Kuah, Es Kopyor, Tempe Ngapak, Tahu Walik, Sempolan, Churros, Kebab, Burger, Spagetti, Bakso Tusuk dan Roti Bakar, Cilok Kentang, Telur Gulung, Pancong Lumer dan Jasuke serta Es Kuwut.
Pameran ini terletak di halaman depan Teras Malioboro dengan tenda-tenda unik. Pada bagiandalam gedung terdapat berbagai diskon produk fashion, craft, dan lain sebagainya. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati berbagai hiburan seperti live music dan atraksi seni budaya yang dapat diikuti maupun disaksikan oleh semua kalangan.
“Semarak Belanja Heboh Akhir Tahun 2024” juga merupakan moment untuk mempererat kebersamaan, mendukung pelaku UMKM lokal, dan menyemarakkan Teras Malioboro sebagai destinasi wisata belanja dan budaya.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Ir Srie Nurkyatsiwi juga berharap event ini membawa kebahagiaan bagi pengunjung dan memberikan semangat baru untuk menyambut tahun 2025.
Teras Malioboro 1 kini memiliki segalanya untuk melengkapi momen liburan termasuk ATM dan sarana QRIS yang dimiliki para tenant demi memudahkan transaksi. *